PT Telkomsel Akan Upgrage Jaringan 3G ke Full 4G ke Seluruh Indonesia Pada 2022

Jakarta - Telkomsel akan mengalihkan atau meningkatkan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G LTE secara bertahap di seluruh wilayah Indonesia mulai 2022.

Upaya ini dilakukan sesuai dengan arahan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang tengah mengkaji rencana penghapusan jaringan 3G di Indonesia.

Upgrade jaringan tersebut tetap mempertimbangkan kesiapan layanan 4G LTE yang merata, serta memperhatikan kepentingan masyarakat secara umum.

Ini juga bagian dari komitmen Telkomsel untuk terus meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pelanggan dalam mengadopsi gaya hidup digital.

"Kami harap, langkah ini mampu mengoptimalkan lebih banyak potensi di berbagai wilayah melalui transformasi electronic lintas sektor yang lebih terakselerasi, sehingga dapat memperkuat ekonomi electronic nasional ke depan," kata Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam, dalam pernyataan resmi, Jumat (21/1).

Update seluruh layanan 3G ke 4G LTE ini juga menjadi bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam menghadirkan konektivitas electronic dengan kualitas prima yang merata hingga pelosok negeri.

- Hendri Mulya Syam, Direktur Utama Telkomsel-.

Proses upgrade layanan jaringan 3G ke 4G LTE dipastikan telah melalui tahap pengkajian, perencanaan, hingga persiapan matang.

Semua itu mencakup kesiapan infrastruktur dan teknologi, jaminan kenyamanan pelanggan selama proses peralihan berlangsung, hingga kesesuaian dengan perundangan di sektor telekomunikasi dan perlindungan konsumen yang berlaku di Indonesia.

Telkomsel juga telah koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan terkait. Mereka adalah Kominfo, lembaga atau institusi konsumen macam Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), hingga Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Dengan persiapan tersebut, Telkomsel memastikan proses peralihan layanan jaringan 3G ke 4G LTE yang dilakukan secara bertahap dan terukur dapat berjalan baik. Perusahaan juga prioritaskan meminimalisir potensi gangguan.

"Standar QoS (high quality of service) juga terus akan diupayakan terjaga guna memenuhi standar aturan yang berlaku agar kenyamanan pelanggan tetap terjaga," ujar Nugroho, Direktur Network Telkomsel.

Nugroho menambahkan, upgrade tersebut akan diprioritaskan percepatannya di wilayah yang sudah memiliki pemanfaatan layanan 4G LTE yang merata dan matang.

Dengan jaringan 4G LTE, pelanggan ritel (Organization to Consumer/B2C) dapat menikmati pengalaman streaming video dan musik digital, video seminar, primary video game online, hingga layanan VoLTE yang lebih baik dibanding saat pakai dalam jaringan 3G.

Para pelanggan Telkomsel yang saat ini masih menggunakan layanan 3G diminta untuk segera beralih ke layanan 4G/LTE.

Nantinya akan ada ragam pilihan saluran yang diberikan bagi pelanggan dalam melakukan peralihan kartu SIM non-4G ke uSIM 4G, baik secara online maupun offline yang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Pada network online, misalnya, pelanggan dapat mengakses akun resmi Telkomsel di Facebook dan Twitter serta layanan Virtual Aide Telkomsel untuk mendapatkan pelayanan upgrade ke uSIM 4G, atau melalui layanan mitra ecommerce (Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan JD.ID).

Sedangkan untuk offline, pelanggan dapat langsung mengunjungi GraPARI atau layanan MyGraPARI terdekat untuk melakukan upgrade ke uSIM 4G.

Pelanggan yang ingin melakukan migrasi ke uSIM 4G bisa terlebih dahulu melakukan pengecekan terhadap ketersediaan jaringan 4G di wilayah tempat tinggal dan dukungan 4G pada perangkat yang digunakan.

Pengecekan bisa dilakukan dengan melalui USSD Food selection Browser (UMB) di *888* 47#, atau mengakses tsel.me/ tukarkartu4g untuk informasi lebih lanjut mengenai program Tukar Kartu ke 4G.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Penelitian Menyebut Aplikasi Tik Tok Bisa Membuat Ganggu Kesehatan Mental Remaja

DTP Perusahaan web Kolaborasi Dengan OneWeb Sebut Bakal Internet Satelit Cepat

Ditengah Pamdemi yang Sedang Melonjak Indonesia Kirim 2.000 Tabung Oksigen Untuk India